Kamis, 22 Oktober 2009

Perbedaan Logo Apotek

Perbedaan Logo Apotek

Apotek adalah suatu tempat tertentu, tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat. Dewasa ini, setiap kota sudah banyak didirikan apotek, dari apotek rakyat di pinggiran hingga apotek waralaba yang sudah terkenal namanya.

Interior dan eksterior K-24 dibuat unik dengan dominasi warna hijau, merah dan kuning. Papan nama apotek dari neonsign juga dibuat menarik dengan warna-warni merah, hijau, kuning dan putih. “Itu merupakan gambaran kondisi riil bangsa Indonesia yang multiras, agama, bahasa, dan lain-lain. Warna hijau yang banyak mendominasi melambangkan Islam. Merah melambangkan Kristen. Kuning mewakili agama lain yang minoritas. Ketiga warna itu bila digabungkan ternyata menghasilkan komposisi yang indah. Logo apotek K-24 tampak begitu besar terpasang dan terdapat banyak cabangnya dibandingkan dengan guardian. Apotek K-24 ja terletak di tempat yang strategis. Apotek K-24 mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, karena K-24 menjadi jaringan apotek pertama yang sejak dibuka hingga sekarang tidak pernah tutup. Harga obatnya pun tidak berubah, baik siang maupun tengah malam. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, mulai pukul 23.00 orang cuma bisa membeli obat di K-24 dari luar, lewat lubang pintu khusus. Kini, apotek yang menyerap 90-an tenaga kerja ini menyediakan 5 ribu item obat, rata-rata transaksi 350-500 kali tiap bulan, dengan omset Rp 250-300 juta per gerai. Selain buka 24 jam setiap hari, Apotek K-24 memiliki fasilitas layanan antarobat (delivery service). Apotek K-24 tidak akan menaikkan harga jual obat, meskipun pembeli datang ke apotek pada malam hari atau hari libur. Apotek pertama di Indonesia yang buka non-stop selama 24 jam sehari sepanjang tahun dan telah menerima penghargaan MURI sebagai apotek asli Indonesia yang pertama kali mengembangkan sistem waralaba.

PT. Kimia Farma Apotek, adalah anak perusahaan yang dibentuk oleh Kimia Farma untuk mengelola Apotek-apotek milik perusahaan yang ada, dalam upaya meningkatkan kontribusi penjualan untuk memperbesar penjualan konsolidasi PT. Kimia Farma Tbk. Apotek Kimia Farma melayani penjualan langsung dan melayani resep dokter dan menyediakan pelayanan lain, misalnya praktek dokter, optik, dan pelayanan OTC (swalayan) serta pusat pelayanan informasi obat. Apotek Kimia Farma dipimpin oleh tenaga Apoteker yang bekerja full timer sehingga dapat melayani informasi obat dengan baik. Apotek Kimia Farma sudah terkenal namanya sejak lama. Cabang apotek kimia farma cukup banyak pula. Logo apotek kimia farma didominasi warna biru dan terdapat tulisan kimia farma nya juga biru serta ada simbolnya berwarna orange. Apotek kimia farma logonya tidak terlalu menarik dibandingkan dengan K-24. Tetapi untuk fasilitas pelayanan lebih lengkap di apotek kimia farma. Kimia Farma ini sangat banyak cabangnya diberbagai daerah.

Apotek Century telah berdiri selama 14 tahun dan telah memiliki 180 outlet. Logo apotek Century banyak di temukan di mall atau pusat-pusat perbelanjaan. Logo apotek ini penulisannya tampak begitu jelas dengan kombinasi tulisan berwarna putih dan terdapat simbol berwarna orange serta background berwarna hijau kebiru-biruan. Logo apotek century tampak lebih kecil dibandingkan dengan apotek guardian.Apotek Century menjual berbagai jenis macam obat. Apotek Century tidak membuka pelayanan pengobatan contohnya praktek dokter. Penyusunan tata letak dan pengaturan obatnya tersusun dengan rapi. Apotek Century memiliki seragam buat para karyawan yang bekerja. Apotek Century memberikan pelayanan kepada customer dengan ramah.

Apotek guardian memiliki logo dengan kombinasi warna putih, orange, dan biru. Logo apotek ini begitu sangat jelas. Logo ini cukup menarik. Logo apotek ini tampak begitu jelas terlihat karena ukurannya agak lebih besar dibandingkan apotek century. Tetapi tulisan nama apotek ini lebih kecil dibandingkan apotek century. Di apotek ini juga menjual beraneka ragam obat. Apotek guardian juga terdapat di tempat-tempat belanja atau mall yang ada. Apotek ini tidak membuka praktek dokter. Di apotek ini obat disusun dengan rapi. Para karyawan yang bekerja di apotek ini juga menggunakan pakaian seragam. Guardian ini modelnya cuma seperti outlet obat saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar